Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

12 views

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan RufusCara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10Microsoft telah merilis sistem operasi windows yang terbaru yaitu Windows 10. Sistem Operasi terbaru merupakan OS yang paling update dan tentunya dari segi fitur dan keamanan lebih canggih dibandingkan sistem operasi versi sebelumnya.

Untuk mengoperasikan suatu sistem operasi pada komputer atau laptop memang sebaiknya menggunakan OS yang selalu update karena akan menunjang kelancaran saat bekerja atau mengerjakan tugas kampus.

Jika sistem operasi windows yang kalian pakai masih versi lama seperti Windows xp, Windows 7 atau Windows 8 maka segeralah lakukan upgrade ke Windows 10 untuk kelancaran software yang akan kalian jalankan di komputer atau laptop. Untuk upgrade ke Windows 10 dapat melakukannya secara gratis. Meskipun gratis sebaiknya langsung dari Microsoft yang asli untuk menghindari masalah dan keamanan.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 mengguakan Rufus

Biasanya jika menggunakan di luar Microsoft akan disisipi file tertentu. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kinerjanya dan kemungkinan dapat mengalami file corrupt. Untuk memiliki Windows 10 harus mempunyai ISO Windows 10. File ini sudah disediakan oleh Microsoft untuk didownload.

Tetapi kembali lagi bahwa sebaiknya menggunakan yang asli dari Microsoft untuk keamanannya. Setelah memiliki ISO Windows 10 kemudian melakukan proses burning file ke CD atau DVD.

Tetapi cara yang seperti ini sudah sering tidak dipilih karena ada cara lebih praktis dan mudah. Caranya adalah dengan menggunakan bootable USB flashdrive. Dengan menggunakan bootable USB flashdrive ini menjadi cara membuat bootable flashdisk yang simpel untuk Windows 10. Bahkan dalam satu flashdisk dapat membuat banyak sistem operasi bootable.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat bootable flashdisk pada Windows 10.

1. Mempersiapkan File

Langkah yang pertama, cara membuat flashdisk bootable adalah menyiapkan file ISO Windows 10. Persiapkan juga flashdisk dengan ukuran yang agak besar kalau bisa siapkan flashdisk dengan kapasitas d atas 8Gb. Apabila belum mempunyai ISO Windows 10 dapat mendownload terlebih dahulu di situs resmi windows atau situs download software lainnya.

Kalian harus memastikan flashdisk yang akan digunakan tidak memiliki file penting didalamnya, karena pada saat proses pembuatan usb flashdisk bootable berlangsung akan memformat flashdisk yang menyebabkan semua data yang ada didalamnya akan hilang.

2. Download Software Rufus

Langkah yang berikutnya adalah download software Rufus via Mediafire atau di web official Rufus . Software yang digunakan harus versi portable. Tujuannya agar tetap dapat menjalankan program aplikasi tanpa harus menginstal dulu di komputer/ laptop kalian.

3. Menjalankan dan eksekusi Software Rufus

Silahkan hubungkan flashdisk yang sudah disiapkan ke Laptop / PC. Jalankan Rufus dari langkah pertama hingga akhir dengan teliti, Buka dan jalankan aplikasi rufus, pastikan flashdisk sudah terpasang dengan benar sehingga langsung terdeteksi oleh Rufus.

Pada bagian Boot Selection, pilih Disk or ISO Image. Kemudian klik SELECT.

Kemudian, pilih file ISO Windows 10 yang sudah disiapkan sebelumnya.

Langkah berikutnya adalah menentukan nama flashdisk dan klik Standard Windows installation.

Setelah memuat file ISO windows 10, lalu ubah Partition scheme menjadi MBR.

Ini adalah langkah paling penting pada dalam membuat flashdisk bootable karena bisa jadi OS Windows 10 tidak dapat membaca flashdisk di saat proses instal.

Jika langkah d atas sudah selesai, kalian bisa klik START dan tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses selesai, maka Rufus dapat ditutup.

Untuk selanjutnya kalian sudah dapat menggunakan flashdisk untuk menginstal OS Windows 10 di komputer atau laptop kalian.

Ini merupakan tips agar proses instal dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

  • Sebelum melakukan proses, kalian harus mengetahui tipe boot mode yang dipakai untuk melakukan instal pada Windows 10.
  • Kemudian ada tiga macam pilihan pada partition scheme. Sebaiknya fokus pada pilihan yang pertama dan ketiga. Apabila menginstal Windows 10 di GPT partition dan UEFI Mode harus dipilih GPT partition scheme for UEFI.
  • Sedangkan apabila penginstalan Windows 10 di MBR partition dan legacy mode maka yang dipilih adalah MBR partition scheme for BIOS or UEFI-CSM. Itulah cara membuat bootable flashdisk pada Windows 10 yang mudah dan simpel.
  • Lakukan sesuai dengan langkah-langkah di atas agar proses instal menjadi lancar dan sukses. Perhatikan pula tips yang telah diberikan agar tidak terjadi kesalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *