Cara Ampuh Mematikan Update Windows 10

18 views

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan RufusCara Ampuh Mematikan Update Windows 10 – Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara untuk mematikan fitur auto update windows 10 secara permanen. Demi alasan keamanan, windows selalu memberikan update kepada seluruh usernya, hal ini dilakukan untuk terhindar dari segala ancaman virus dan lalin sebagainya, yang bisa saja terjadi jika windows tidak diupdate.

Saat ada update windows terbaru, makan akan muncul notifikasi pada menu update yang terletak pada bagian setting. Namun, setiap kali ada update dari windows, ketika windows sobat tersambung ke internet maka file update tersebut secara default akan otomatis download tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu kepada user.

Cara Ampuh Mematikan Update Windows 10

Cara paling ampuh Mematikan Update Windows 10

Untuk sebagian user windows 10 fitur auto update ini mungkin sangat meresahkan, alasanya mungkin kuota yang mereka miliki sangat terbatas. Sehingga harus menghemat penggunaan kuota saat tethering ke komputer.

JIka fitur auto update ini diaktifkan maka ketika ada update dari windows aka otomatis terdownload tanpa ada notifikasi terlebih dahulu. Karena fitur auto update ini secara otomatis akan memeriksa pemberitahuan update terbaru dari windows.

Jika kuota sobat pas-pasan maka ketika ada update yang dengan size yang cukup besar maka kuota yang tipis tadi akan otomatis dikuras habis untuk mendownload update dari windows. Hal ini banyak dialami oleh para user windows 10 termasuk saya sendiri, ketika asik-asik browsing dan menulis artikel, tiba-tiba ada notifikasi restart to start update itu tandanya kuota saya sudah digunakan untuk download update windows.

Disisi lain update dari Microsoft cukup penting (peningkatan fungsionalitas fitur, kadang perbaikan bugs, , atau patch security). Oleh karena itu saya tidak begitu merekomendasikan untuk mematikan fitur auto update windows ini, untuk memperbaharui OS pada perangkat sobat.

Namun, bagi sobat yang ingin mematikan fitur auto update pada windows 10 pada kesempatan kali ini saya akan berikan langkah-langkahnya untuk mematikan update windows secara otomatis untuk menghemat kuota.

 1. Menghentikan pembaruan otomatis Windows 10 Melalui registry

Untuk cara yang pertama adalah dengan mengubah nilai DWORD pada registry windows 10, cara ini cukup saya rekomendasikan karen tidak begitu memaksa untuk mengahapus fitur auto update pada windows 10, cara ini hanya mematikan Pengecekan secara otomatis update windows.

Jadi ketika ada update tidak akan otomatis terdownload.

Untuk langkahnya silahkan ikuti dibwah ini:

1. Win + R, ketik “regedit

2. Browse ke key berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows

3. Pada key Windows:

klik kanan > New > Key > sobat beri nama “WindowsUpdate” (tanpa tanda kutip)

4. Pada key WindowsUpdate:

klik kanan  lagi > New > Key > beri nama “AU” (tanpa tanda kutip)

5. Klik kanan di key “AU” yang barusan dibuat, buat DWORD value dengan nama “NoAutoUpdate” (tanpa kutip)

6. Klik dua kali di key “NoAutoUpdate“, set menjadi 1. Kemudian Klik OK.

7. Kemudian Tutup Registry Editor.

Sekarang Buka Settings > Update & security > Windows Update, klik “check for updates” untuk menerapkan perubahan registry tadi.

Itu cara pertama untuk mematikan update otomatis pada windows 10 dengan mengedit velue di registry.

Catatan : Jika kalian ingin mengebalikan agar bisa auto update lagi cukup delete saja DWORD “NoAutoUpdate” atau cukup set saja jadi 0 DWORD nya.

2. Cara mematikan update otomatis windows dengan software tambahan

Cara Ampuh Mematikan Update Windows 10 Win Update Stop

Cara kedua untuk mematikan fitur update otomatis pada windows dengan menggunakan software pihak ketiga, cara ini cukup saya rekomendasikan, karen tidak perlu mengetid apapun cukup desable atau enable saja. Untuk mematikan auto update windows ini sobat harus download software yang bernama Win Update Stop.

Software ini bisa kalian download secara gratis pada link dibawah ini:

win_update_stop_setup.exe

Software ini tersedia untuk Windows XP, Vista, 7, 8, 10 (3264-bit) dengan size hanya 2 MB. Cara menggunakan nya pun sangat mudah.

Cara menonaktifkan Fitur Windows update otomatis

1. Install aplikasinya

2. lalu klik tombol Disable hingga status berubah menjadi Windows Updates are disabled.

Cara Mengaktifkan Fitur Windows memperbaharui otomatis

Jika sobat berubah pikiran dan ingin mengaktifkan kembali Windows Update otomatis,

Cukup  klik tombol Enable hingga statusnya menjadi Windows Update are enabled.

3. Mematikan sepenuhnya update di Windows 10 menggunakan service.msc.

Cara ketiga ini adalah cara yang paling ampuh untuk mematikan update di Windows 10. Pada cara ketiga ini, kita akan mematikan layanan yang bertanggung jawab untuk mengecek, mendownload, dan menginstall pembaruan termasuk pembaruan Windows Defender.

Langkah 1: Ketika Services pada Start menu atau bilah pencarian di taskbar Anda, lalu tekan Enter. Atau Anda dapat menggunakan Run dan ketik services.msc lalu tekan Enter.

Mematikan sepenuhnya update di Windows 10 menggunakan service.msc
Membuka Services Windows 10

Langkah 2: Cari layanan dengan nama Windows Updates. Klik kanan lalu pilih Properties untuk membuka jendela pengaturan layanan Windows Updates.

Mematikan sepenuhnya update di Windows 10 menggunakan service.msc_2
Windows Update Service

Langkah 3: Ubah pengaturan ke Disabled lalu klik tombol Apply dan restart komputer Anda.

Mematikan sepenuhnya update di Windows 10 menggunakan service.msc_3
Disable Windows 10 Update

Dari sini, seharusnya Windows 10 sudah tidak secara otomatis mengunduh pembaruan. Jika Anda kesulitan, beritahu kita melalui kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *